informasi

INFORMASI

"Pengurus Rukun Tetangga 01 RW 08 BCA Pamengkang mengucapkan, " Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1442 H," ......// "Mari kita jegah penyebaran virus corona dengan 1) Pake masker, 2) Jaga Jarak,3) Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir" .

Sabtu, 29 Juni 2013

Desa Setupatok



Sejarah 

Asal mula terbentukny desa setupatok adalah  dari orang-orang yang dulu tinggal di lereng gunung ciremai, kemudian turun dan membentuk sekelompok orang yang terdiri dari suku-suku yang kemudian membentuk suatu daerah. namun pada masa itu ada sekelompok orang yang ingin menguasai daerah dengan orang-orang yang ingin membangun desa tersebut. kemudian terjadi perang saudara, setelah sekian lama akhirnya terjadi kesepakatan antara kedua kubu tersebut, yaitu dengan cara membagi dua wilayah dengan sebuah patok. situpatok,yah  itulah hasil perang saudara antara dua kubu yang sekarang kita kenal dengan setupatok.  
Penduduk 
Desa setupatok  berpenduduk padat penduduk, itu dikarenakan karena kebanyakan penduduk tersebut menikah di usia dini. dan minimnya tingkat  pendidikan,selain itu juga ada tradisi yang masih melekat pada penduduk yaitu banyak anak banyak rejeki.

Wisata
Desa setupatok adalah salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup menarik. yaitu danau setu.Danau setu merupakan waduk peninggalan jaman belanda. waduk ini dibuat untuk mengairi sawah-sawah  yang ada disekitarnya.
Luas Situ Patok 175 Ha yang terletak di desa setu patok sekita 6 km dari kota Cirebon ke arah Tegal, dan berada di titik Koordinat 6.7862011S, 108.5648065E, obyek wisata ini selain mempunyai panorama indah juga tersedia sarana rekreasi air dan pemancingan.

Lokasi ini berpotensi untuk di kembangkan sekitar lahan 7 Ha, dengan status tanah negara. Prasarana yang di perlukan pembuatan dermaga, pengadaan perahu motor dan sarana pemancingan. serta pembangunan rumah makan yang artistik. Jalan ke arah lokasi cukup baik dan lebar, jaringan aliran listrik sudah tersedia dan saat ini minat masyarakat untuk mengunjungi wisata ini cukup banyak waduk ini merupakan bekas peninggalan jajahan belanda yang sekarang di jadikan tempat wisata oleh penduduk setempat.


Sumber :
http://www.cirebonkab.go.id 
http://www.disparbud.jabarprov.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar